Sabtu, 20 Agustus 2011

TESIS

Eman Leman, “Implementasi Metode Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Ekonomi di SMP” (Studi Eksprerimen di Kelas VIII SMP N 2 Cibeureum Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan).

Prof. Dr. H. Disman, M.S., Dr. H. Iskandar, M.M.

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kenyataan dilapangan menunjukan kegiatan pembelajaran di kelas hanya berpusat pada guru, sementara siswa hanya sebagai penerima apa yang disampaikan guru, dengan kata lain masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa bosan dalam belajar sehingga keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa rendah.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada saat dilakukan test awal (pretest).Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa setelah pembelajaran antara kelas eksperimen yang menggunakan metode inquiri dan kelas kontrol yang menggunakan pempelajaran konvensional pada saat dilakukan test akhir (postest).Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran pada saat dilakukan test awal (pretest) dan setelah pembelajaran pada saat dilakukan test akhir (postes) di kelas eksperimen yang menggunakan metode inquiri.Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran pada saat dilakukan test awal (pretest) dan setelah pembelajaran pada saat dilakukan test akhir (postest) di kelas kontrol yang menggunakan Pembelajaran Konvensional.Untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Metode Inquiri dan kelas kontrol yang menggunakan Metode Konvensional.

Subyek Penelitian ini yaitu SMP N 2 Cibeureum, dengan obyek penelitiannya adalah Siswa SMP N 2 Cibeureum kelas VIII. Variabel yang diteliti terdiri dari satu variabel bebas (variabel indevenden) dan dua variabel terikat (variabel devenden). Variabel bebasnya adalah Metode Inquiri (X), sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berfikir kritis (Y1), dan prestasi belajar siswa (Y2). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Uji alat tes penelitian menggunakan: Uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran. Uji analisis prasyarat menggunakan uji normalitas, dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji gain, dan uji t dengan bantuan program SPSS statistik 17,0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa:
1. Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada saat dilakukan test awal (pretest).
2. Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa setelah pembelajaran antara kelas eksperimen yang menggunakan metode inquiri dan kelas kontrol yang menggunakan pempelajaran konvensional pada saat dilakukan test akhir (postest).
3. Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran pada saat dilakukan test awal (pretest) dan setelah pembelajaran pada saat dilakukan test akhir (postest) di kelas eksperimen yang menggunakan Metode Inquiri.
4. Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran pada saat dilakukan test awal (pretest) dan setelah pembelajaran pada saat dilakukan test akhir (postest) di kelas kontrol yang menggunakan Pembelajaran Konvensional.
5. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Metode Inquiri dan kelas kontrol yang menggunakan Pembelajaran Konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar